Monday, November 14, 2011

Pak Polisi Korea


       Hari Rabu tanggal 9 November kemarin, aku ikut pertemuan mahasiswa asing dan pak polisi dari Busan Metropolitan Police Agency divisi Foreign Affairs, Pak Kim Do Hyun. Waktu dapat pengumuman dari kampus tentang pertemuan dengan pak polisi, aku pikir acaranya akan resmi dan diisi dengan survei atau tanya jawab serius tentang kesulitan mahasiswa asing dan kriminal. Ternyata~ acaranya jauh dari yang resmi-resmi! Acaranya santai dan justru kita yang banyak bertanya kepada pak polisi ini. Lebih asiknya lagi, pak polisi ini bisa bahasa Indonesia!

       Untuk menemani berbincang-bincang, pak polisi mentraktir kami minuman. Aku pilih coklat panas. Hangat dan enak sih, tapi aku sedikit menyesal karena tidak memesan green tea latte. -ㅅ-



       Mahasiswa yang hadir ada yang dari Indonesia (aku, Ivan, Riska, Mbak Dini, Mbak Nelly, dan Ko Hendrik), Malaysia (Eva), Kyrgyzstan (Elyas), Uzbekistan (Ajimbek) dan Nepal (Samundra). Kita berbincang-bincang tentang banyak hal, mulai dari bisa atau tidak kita menjadi polisi Korea, apa saja syarat menjadi warga negara Korea, pengalaman pak polisi tinggal di luar negeri, bagaimana cara mendapat sim di Korea, masalah apa saja yang sering terjadi diantara orang asing yang tinggal di Korea dan lain-lain. Setelah itu pak polisi mentraktir teman-teman makan di restoran India di dekat kampus. :")

       Senang sekali rasanya ada pak polisi divisi yang menangani orang asing yang mau meluangkan waktunya untuk kenal dan berbincang-bincang santai dengan orang asing ataupun mahasiswa asing.






       Di Korea memang polisi dibuat kesan 'dekat dengan masyarakat' baik orang dewasa, orang lanjut usia bahkan anak-anak. Iconnya saja dibentuk karikatur yang lucu seperti gambar dibawah ini.


Gambar diambil dari Internet


       Selain itu banyak juga artikel di majalah atau koran serta program acara di tivi yang menceritakan ke pahlawanan pak polisi. Mulai dari menangkap kriminal, membantu anak-anak atau menghibur orang-orang tua dengan bernyanyi.



       Aku sendiri juga punya pengalaman sedikit lucu dengan polisi. Waktu sedang jalan-jalan ke Daegu, karena bosan lama menunggu bis, aku foto-foto saja pemandangan disekitar. Di dekat situ ada kantor polisi, jadi aku foto-foto saja kantor polisinya. (Foto dibawah ini) Ternyata para polisi itu melihat aku foto-foto kantornya. Kemudian salah satu dari mereka keluar dan panggil-panggil aku. "Hei~ kamu, sini-sini!" Dalam bahasa Korea. Aku mendekat ketakutan dan buru-buru menyembunyikan kamera. Takut dimarahi karena sembarangan foto-foto kantor polisi dan mobilnya.





       Ternyata pak polisinya malah bilang, "Kamu mau foto disini ya? Sini aku fotokan!" Dueeeng~! Kirain mau dimarahi, ternyata pak polisinya berbaik hati mau mengambilkan fotoku dengan latar belakang kantornya. Aku yang sebenarnya tidak mau foto, langsung pasang gaya saja. *grin*


1 comment:

hola said...

gimana carax bisa ke korea kaih tau donk!!!