Sunday, August 14, 2011

Hari Kemerdekaan Korea (광복절, 15 Agustus)


       Hari ini di Korea tanggalan merah! Hari ini 15 Agustus, hari kemerdekaan Korea atau disebut juga dengan Gwangbokjol (광복절). Ya, Hari kemerdekaan Korea hanya berbeda 2 hari dari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, karena sama seperti Indonesia, hari ini mereka memperingati kebebasan terlepas dari penjajahan Jepang. Kata 'Gwangbok' artinya adalah 'kembali menemukan cahaya' yang berarti mendapatkan kembali hak sebagai negara yang sempat hilang karena penjajahan Jepang.


    Dulu waktu aku baru datang ke Korea, menjelang hari kemerdekaan Korea, aku penasaran sekali bagaimana mereka akan merayakannya, festival atau perayaan seperti apa yang akan mereka adakan, mengingat 17-Agustusan di Indonesia yang sangat semarak sekali. Aku juga penasaran apa di Korea mereka juga mengadakan upacara 15-Agustusan di sekolah-sekolah seperti di Indonesia. Namun aku sedikit merasa aneh dan kecewa, bahwa ternyata tidak ada acara khusus untuk merayakan hari kemerdekaan di Korea. Mereka hanya memasang bendera Taegukgi (bendera negara Korea) di rumah atau di jalan-jalan dan melakukan upacara di lembaga-lembaga pemerintahan (juga dengan mengundang perwakilan-perwakilan negara lain). Orang korea pada umumnya manfaatkan tanggal merah ini untuk beristirahat di rumah.
    Dua hari lagi hari peringatan kemerdekaan Indonesia. Aku jadi merasa rindu suasana Indonesia dan ramainya acara tujuhbelas Agustusan. :")

No comments: