Thursday, July 14, 2011

Alkohol (주정) dalam makanan Korea


       주정 yang di kamus artinya alkohol, biasanya terdapat di mie, ttok 떡, kecap asin 간장, dan jenis makanan yang lain yang biasanya berbahan dasar beras, gandum, jagung, ubi, singkong, dan lain-lain yang biasanya terbuat dari fermentasi jenis kacang-kacangan atau sintesis.

1. Jujong dalam mie
http://blog.naver.com/tnwjd8103?Redirect=Log&logNo=130081530288


2. Jujong dalam Ttok
http://blog.naver.com/gatarina402?Redirect=Log&logNo=80098952236


       Tujuannya untuk sterilisasi. Biasanya dipakai sebagai pengganti pengawet buatan (lebih aman dibadan dan relatif murah) dan dapat mencegah berkembangnya mikroorganisme di makanan. Untuk mie dan ttok biasanya orang-orang di rendam dulu di air untuk menghilangkan alkoholnya.

       Setahu aku, walaupun makan banyak mie, ttok, kecap asin atau makanan lain yang mengandung alkohol ini tidak akan mabuk. Tapi lucu juga waktu sedang searching-searching artikel di internet nemu artikel artis Korea yang pernah mabuk karena makan mie. Diduga mienya tidak dicuci/direndam air dulu sebelum dimasak.
http://5chawon.tistory.com/115

       Kalau alkohol pada makanan seperti ini hukumnya bagaimana ya? Mengingat tidak semua alkohol itu haram, seperti alkohol pada tape yang sudah dinyatakan halal. Mungkin ada teman-teman yang punya ilmunya atau lebih tahu, boleh dong dishare disini. :")

No comments: