Thursday, January 14, 2010

Pindahan!!!#5 [Jenis-jenis tempat tinggal di Korea]


       Belakangan lagi bingung nyari tempat tinggal baru untuk nanti selama kuliah mulai semester depan. Ada beberapa pilihan yang harus disesuaikan dengan saku dan kenyamanannya.
       Sambil inget-inget pengalaman mencari tempat tinggal dan coba tinggal di banyak jenis tempat, jadi pengen bagi cerita ke teman-teman tentang jenis-jenis tempat tinggal yang ada di Korea, terutama untuk pelajar :)

1. Rumah biasa (주택/Jutek)
       Rumah biasa keluarga Korea yang 1 bangunan hanya terdiri dari satu rumah. Biasanya terdiri dari 1 ~ 3 lantai. Kadang rumah yang punya kamar kosong menyewakan kamar di rumah mereka.
       Enaknya tinggal di rumah biasa ini, termasuk cukup aman karena kita tinggal dengan pemilik rumah yang otomatis menjaga keamanan rumah mereka. Urusan bersih-bersih juga selain kamar kita sendiri, biasanya pemilik rumah yang bersih-bersih bagian rumah, seperti halaman, dapur dan kamar mandi.
       Enggak enaknya kalau pemilik rumahnya agak cerewet. Kadang suka mengomentari kalau sampah kita kebanyakan, kenapa sehari harus mandi 2 kali (ngabis-ngabisin air), kenapa cuci bajunya banyak atau keseringan, atau lain-lain. Jadi tipsnya adalah selalu baik-baikin yang punya rumah. Kalau kita pergi kemana, sebaiknya kita izin, kalau bertemu kita sapa, kalau lagi ada rejeki lebih, ya, coba kita belikan sesuatu, misalnya cemilan. :)

2. Apartemen (아파트/Apate)
       Apartemen mungkin udah tidak asing lagi untuk kita, karena di Indonesia juga banyak apartemen walaupun tidak sebanyak di Korea. Tentu saja apartemen, tempat tinggal yang dibangun vertikal keatas, jadi pilihan yang cukup utama di Korea karena luas negara yang tidak begitu besar serta harga tanah yang cukup mahal.


       Harga apartemen cukup mahal juga dibandingkan tempat tinggal yang lain. Jarang saya lihat pelajar (terutama pelajar asing) yang tinggal di apartemen kecuali beberapa orang patungan untuk tinggal bersama. Mungkin yang datang bersama keluarga untuk bekerja, apartemen bisa jadi pilihan untuk tinggal.

3. 고시텔/Gositel
       Gositel itu maksudnya di 1 lantai terdiri dari kamar-kamar tinggal ukuran super kecil. Seperti apartemen, tapi bedanya, kalau apartemen tempat tinggalnya cukup besar seperti rumah biasa, gositel ini cuman kamar yang super mini, biasanya sekitar 1.5 meter x 2.5 meter (bisa lebih besar atau kecil). Sampai aku sempat bingung gimana mau berdiri untuk sholat. Kamar mandinya biasanya perlantai dan ada dapur, mesin cuci, tempat jemuran bersamanya. Biasanya mereka menyediakan nasi saja atau roti.


       Untuk yang cukup lengkap, di kamar berukuran kecil itu disediakan tv, kulkas mini, tempat tidur, lemari baju, dan meja belajar.
       Enaknya tinggal di gositel, biasanya selain kamar sendiri, ada petugas yang membersihkan seluruh bagian gositel. Di dapur umumnya juga biasanya sudah disediakan perlatan masak seperti panci, penggorengan dan lain-lain.
       Enggak enaknya kita tidak bisa bernyanyi-nyanyi, menyetel tv dengan suara, menerima telepon dengan suara biasa, menyetel alarm, karena akan mengganggu penghuni di kamar sekitar. Kadang di dapur bersamanya juga menumpuk cucian piring atau waktu kita mau memakai panci, pancinya bekas pakai dan tidak dicuci oleh penghuni tidak bertanggung jawab.

4. 원룸/One room
       One room ini semi apartemen-gositel. Di satu lantai ada beberapa tempat tinggal yang ukurannya cukup besar(dibandingkan gositel). Sesuai namanya 'one room', tempat tinggal ini cuman terdiri dari 1 ruangan dimana kamar tidur dan dapur biasanya tidak ada pembatas. Tidak ada kamar-kamar, hanya satu ruangan itu saja. Untuk kamar mandi biasanya ada di dalam, dan tentu saja kamar mandi ada ruangannya sendiri.



5. 투룸/Two room
       Two room ini mirip dengan apartemen namun lebih kecil, juga mirip dengan one room tapi lebih besar dan terbagi 2 ruangan.

6. 오피스텔/Officetel
       Officetel ini seperti apartemen tapi di bagian bawah gedungnya adalah toko-toko atau perkantoran.



7. Asrama (기숙사/Gisuksa)
       Asrama? Kalau yang ini tentu saja teman-teman pasti sudah tahu. Untuk asrama sendiri menjadi pilihan utama pelajar terutama pelajar asing untuk pertimbangan, harga dan kenyamanannya.

8. Kamar belajar (공부방/ Kongbupang)
       Aku pikir kamar belajar itu seperti apa, hihi,, Ternyata sama seperti kita tinggal ngekos di rumah biasa. Biasanya dikamar itu hanya disediakan tempat tidur dan meja belajar. Biasanya letaknya di dekat universitas. Biasanya menjadi pilihan tempat tinggal untuk pelajar Korea yang rumahnya jauh dari sekolah/universitas.

       Untuk jenis tinggalnya, mungkin secara garis besar bisa di bagi menjadi:

1. Homestay (홈스테이/ Homestay)
       Ini seperti yang kita ketahui, homestay, tinggal bersama keluarga negara tersebut di satu tempat tinggal.

2. 자취방/Jachuipang
       'Jachui' artinya hanya menyewa tempat tinggal saja, untuk makan tidak disediakan.

3. 하숙집/Hasukjib
       'Hasuk' berarti menyewa tempat tinggal yang disediakan makanan.




Pengalaman Ayi sendiri?
       Aku sendiri selama di Korea pernah tinggal di asrama, homestay di apartemen, jachui di jutek, jachui di kongbupang, gositel dan bahkan pernah tinggal di kontainer! T__T
       Dari semua yang pernah di coba, aku tentu saja paling merekomendasikan asrama! Yang tentu saja paling nyaman dan murah! Dibalik ketidaknyamanan pribadi karena makanan yang ada di asrama biasanya mengandung daging (termasuk babi).




Tips-tips mencari tempat tinggal
1. Pastikan uang jaminan, uang bulanan, serta biaya-biaya tambahan lain.
       Jangan sampai yang awalnya kita kira harganya murah, ternyata di tengah-tengah selama kita tinggal banyak biaya tambahan yang harus kita bayarkan.

2. Pertimbangkan segi keamanannya dan jarak dari kantor/kampus.

3. Cari yang punya rumahnya yang baik dan bertanggung jawab. :)

5 comments:

Unknown said...

jadi, tempat tinggal untuk kuliah semester depan nanti sudah didapat atau belum?

Anonymous said...

umm.. iy, karena aku jarang k warnet, nanti swaktu2 aku email dh,soalny nh lewat hp, jd aku koMen smbl nanya" aj.. Hehe iy, unni bkn ny dr universitas ny sndri ad asrama? btw kalo kuliah d sana ap unni bisa sambil kerja?

Lisa said...

Yang di atas itu aku, Lisa.. sorry soalnya lewat hp, jadi namanya ga ada, aku udah kirim email lagi ke unni, di balas yuph..^^

XinBi said...

unni,, kuliah di korea?? asik sekali unni >A<,, unni, ada homestay di korea tidak? aku ingin sekali >A<

btw, salam kenal ya unni ^^

zahra said...

Salam kenal unni...
Unni udh tinggal di korea brp lama? Susah ga cari makan disana khusus untuk muslim. Bls ya unni :))