Friday, July 3, 2020

Review Buku Financial Tips for Mom




Judul: (Kumpulan Artikel Finansial) Financial Tips for Mom
Penulis: Rara Radyanti dkk (alumni @joeraganArtikel)
Penerbit: Bitread
Jumlah halaman: 190
Jenis cover: Digital book
ISBN: 978-602-0721-81-1
Harga: Kurang tahu karena pinjam buku online di aplikasi iPerpusnas

Judulnya bahasa Inggris, tapi isinya bahasa Indonesia ya. Isinya berupa kumpulan artikel finansial pengaturan keuangan pribadi dan rumah tangga yang ditulis oleh beberA,qwxeaqwxe eorang. Bagusnya artikel-artikel di kelompokkan per tema dan disusun sedemikian rupa sehingga pembahasannya bisa runut dari depan hingga awal buku walaupun penulisnya beda-beda. Minusnya tiap artikel ada pembuka dan penutupnya sehingga membuat isi buku banyak yang bersifat repetitif, materi intinya bisa dibilang hanya setengah dari isi buku.

Menurut saya, sebagian besar tips finansialnya klise; seputar menabung, berhemat hal yang tidak perlu, menahan gaya hidup berlebihan, pencatatan keuangan, dan pengalokasian dana untuk investasi. Tapi para penulis menyesuaikan cara klasik tersebut dengan kondisi sekarang, misalnya penggunaan aplikasi untuk mencatat pemasukan & pengeluaran.

Walaupun kita mungkin saja sudah tahu, isi buku ini tetap layak dibaca. Bisa jadi pengingat bagi diri, terutama bagi para ibu yang biasanya berperan mengatur keuangan rumah tangga. Seperti yang tertulis di buku, baik ibu rumah tangga, ibu bekerja di ranah publik, ibu bergaji tetap, ibu freelancer, bahkan single mom. Sebisa mungkin, jangan hanya dibaca saja ya, tapi perlu juga dipraktekkan agar terasa manfaatnya.

No comments: