Monday, April 20, 2015

Perkembangan bayi umur 1 bulan

Sebelumnya aku menulis tentang pengalaman melahirkan di Ceko, Eropa tengah di sini dan sini.

Setelah 4 hari menginap di rumah sakit, akhirnya aku bisa pulang dan membawa bayiku ke rumah. Sebelum pulang kami wajib memberi tahu Dokter Spesialis Anak (DSA) kami dan memberikan kontak DSA ke pihak rumah sakit. 

Kami sebenarnya agak terlambat mencari DSA untuk bayi kami, karena waktu itu tidak tahu kalau di Ceko setiap anak harus mempunyai dokter pribadi dan biasanya orang tua mencari DSA jauh hari sebelum si bayi lahir. Kalau mendadak, bisa jadi seperti kami, ditolak DSA yang diinginkan karena jadwalnya sudah penuh. Untuknya dokter tersebut merekomendasikan dokter lain yang juga sangat fasih bahasa Inggrisnya yaitu MUDr. Denisa Mendelová (http://www.dsarnika.cz/).

DSA kami memberitahu perawatan harian dan daftar obat-obatan bayi yang sebaiknya dimiliki.

Obat untuk bayi yang sebaiknya tersedia di rumah:
- Krem untuk kulit kering
- Obat tetes mata bayi
- Minyak zaitun
- Alkohol 60%
- Obat tetes kalau bayi sakit perut
- Cairan pembersih hidung bayi
- Alat penyedot lendir hidung bayi
- Vitamin D (Karena di negara sub tropis sinar mataharinya tidak sebanyak di negara tropis)

Bayi di Ceko tidak perlu mandi setiap hari, cukup 3 hari sekali, karena kalau terlalu sering bisa membuat kulit bayi kering.





Sebelum memakaikan baju ganti, perawatan hariannya adalah:
- Membersihkan bagian tali pusar dengan alkohol 60%
- Mengoles minyak zaitun ke bagian lipatan seperti selangkangan dan ketiak
- Membersihkan sela-sela jari kaki dan tangan 
- Membersihkan bagian luar hidung dan telinga
- Mengoleskan krem ke badan agar tidak kering


Perkembangan bayi umur 1 bulan banyak terdapat di internet, tapi disini aku ingin menulis perkembangan yang aku lihat sendiri dari bayiku :)

- Matanya mulai membuka lebih lebar. Sekitar minggu ke 3 pandangannya mulai fokus dan bisa mengikuti gerak objek yang sedang dilihat. 
- Kalau menyusu mulai melihat ke wajah ibunya sekitar minggu ke 2. Sebelumnya pandangannya kosong dan hanya melihat ke depan.
- Sudah bisa mengeluarkan suara erangan pelan di minggu pertama, sebelumnya diam saja. Kalau kita mengganggunya ketika dia sedang menyusu maka dia akan mengerang pelan sebagai tanda protes. *Mendengar dia protes aku biasanya semakin senang untuk iseng mengganggunya dengan mencolek-colek badannya atau menggelitiki kakinya, hehehe*
- Mulai keluar air mata di akhir minggu ke 2. Ya, aku baru tahu lho kalau bayi baru lahir itu tidak bisa mengeluarkan air mata. Sekarang kalau menangis ada air mata yang keluar walaupun masih sedikit.
- Kalau sedang menyusu, kakinya mulai senang ia gerak-gerakan.
- Badannya bertambah berat. Waktu baru lahir bisa digendong dan disusui dengan satu tangan dalam waktu yang lama, sekarang baru sebentar saja sudah pegal.
- Mulai tumbuh bulu mata dan alis yang mana sebelumnya botak. :D

Rasanya tidak sabar melihat perkembangannya lebih lanjut. Pengen cepat-cepat si bayi bisa kasih respon karena sekarang kalau kita 'cilukba' dia belum kasih respon apa-apa.

Baca juga: 

1 comment:

Anvina Ayunita said...

Ayi,apakabar? Alhamdulilah baby nya lahir normal dan sehat...bagi foto2 bayinya yang banyak donk....