Sunday, August 24, 2008

Wayang goes to Kyungsung!!

      Well, ini sepertinya postingannya udah telat banget,, Tapi berhubung sudah janji mosting tentang ini kepada seorang teman (sampe ditanyain di komentar postingan sebelumnya -_-), baiklah, akan saya bahas secara singkat aja ya,,





      Wayang? Bukan wayang nama band lho~ Beneran wayang kebudayaan dari Jawa itu,, Tanggal 5 Mei 2008 kemaren ini, di acara Busan Performing Art Festival(Bipaf) ada pertunjukan kebudayaan Indonesia, Wayang,, Kaget juga tiba-tiba, Mr.Lee, guru bahasa korea dari Yayasan Kyungsung Indonesia, datang ke Kyungsung dan bilang kalau kita (aku dan teman-teman Indonesia Kyungsung lainnya,, moso' aku sama sapi???) harus nonton pertunjukan wayang, apalagi karena kita dari Indonesia,,

      Pertunjukan wayangnya sendiri 3 hari berturut-turut, ada pertunjukan pagi dan ada pertunjukan sore, aku sendiri cuman nonton dihari pertama pertunjukan sorenya, soalnya jamnya tabrakan sama jam pelajaran,,

      Waktu nonton pertunjukan itu cukup ramai penontonya,, Aku pergi dengan, Ucok(Hyosop), temen korea jurusan bahasa Melayu-Indonesia, yang excited banget karena akan nonton Wayang,, Aku juga cukup semangat, karena baru pertama menonton wayang secara langsung,, di Korea lagi,, ehehehe,, Di Indonesia saja biasanya cuma nonton dari tivi;;;;

      Walaupun enggak ngerti isinya karena pakai bahasa Jawa, tetap saja aku menonton dengan terkagum-kagum karena dalangnya mainin wayangnya dengan bagus,, canggih!! Setelah menonton pertunjukan, kita foto-foto dan ngobrol-ngobrol sebentar dengan para dalang dan penyanyinya,, Mereka cerita betapa senangnya bisa menampilkan pertunjukan disini, sedihnya untuk musik mereka memakai kaset rekaman dan tidak bisa membawa alat musik pengiring gamelan karena terlalu repot untuk dibawa, sehingga bagian musiknya kurang maksimal dan para dalang agak kesulitan menyesuaikan dengan ritme musik rekaman (biasanya bagian musiknya yang menyesuaikan gerakan dalang),,

      Ya, semoga dengan acara seperti ini kita bisa mengenalkan budaya tradisional Indonesia ke berbagai penjuru,, amin, amin,, merdeka~!

No comments: